Ini Daftar Ustadz yang Kerap Ceramah Kontroversial: Dari Haramkan Candi, Wayang dan Pemimpin Kafir

Dalam beberapa dekade terakhir, cermah-ceramah agama sering menimbulkan kontroversi karena isinya bertentangaan dengan keyakinan yang dianut kaum muslim tradisional Indonesia secara turun termurun. Munculnya ceramah-ceramah kontroversi itu datang dari para ustadz yang mengusung gerakan purifikasi di Indonesia. 

Tema ceramah yang menimbulkan kontroversi antara lain mengharamkan berwisata ke candi, mengharamkan wayang, mengharamkan pemimpin kafir, mengharamkan musik dan gencar menebar ceramah soal bid'ah.  Para ustadz puritan itu juga dikenal sebagai penganut salafi yang dikenal dengan sebutan "Ustadz Ahlussunnah Manhaj Salaf". Di antara para ustadz puritan tersebut, ada juga yang aktif mendukung Anies Baswedan pada Pilkada DKI Jakarta 2017, seperti ustadz-ustadz yang tergabung dalam Dewan Fatwa Al Irsyad. 


Berikut daftar Ustadz Ahlussunnah Manhaj Salaf:


USTADZ YAZID BIN ABDUL QADIR JAWAS: Murid dari Syaikh Utsamin. Sejak 1980-an telah berdakwah bersama temannya, Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat. Bukutulisannya antara lain “Mulia dengan Manhaj Salaf”. 


USTADZ FIRANDA ANDIRJA: Belajar ke Madinah, seperti Syaikh Abdul Muhsin dan Syaikh Prof. Abdurrazaq Al Badr. Diangkat menjadi pengajar resmi di Masjid Nabawi. 


USTADZ YAHYA BADRUSSALAM: Pembina Rodja TV dan dinilai sangat berjasa dalam menebarkan dakwah lewat media sosial. Gurunya adalah Syaikh Muhammad A'zami. 


USTADZ KHALID BASALAMAH: Ustadz sekaligus pebisnis yang memiliki restoran Ajwad. Berkat dakwahnya yang masif, jadi ustadz paling populer di Indonesia. Para artis Indonesia jadi muridnya.


USTADZ SYAFIQ RIZA BASALAMAH: Selalu rutin mengisi kajian di Rodja TV dan Yufid TV. Selain itu, jadi penulis buku best seller yang berjudul "Berbekal Setengah Isi Setengah Kosong". 


USTADZ AHMAD ZAINUDDIN AL BANJARY: Video ceramahnya banyak diputar di Yufid TV. Pusat dakwahnya berlokasi di Masjid Imam Syafii, Banjarmasin.


USTADZ MUHAMMAD NURUL DZIKRI: Akhlak salafi tercermin dari kata-kata selama berdakwah. Sehingga, kajian sunnah yang beliau isi banyak membuat orang masuk Islam.


USTADZ ZAINAL ABIDIN BIN SYAMSUDDIN: Merupakan ustadz yang sangat gencar menyebarkan dakwah anti bid’ah. Juga menulis buku “Fakta Baru Wali Songo”.


USTADZ SUFYAN BASWEDAN: Doktor dalam Ilmu Hadits. Mendapatkan pujian atas kredibilitas ilmiahnya dalam takhrij hadits dari Syaikh Prof. Abdullah Dompu. 


USTADZ ERWANDI TARMIZI: Pengarang buku fenomenal yang berjudul “Harta Halal Haram Muamalat Kontemporer” sehingga banyak kajiannya bertemakan bahaya riba dan gharar. 


USTADZ HABIB SALIM AL MUHDOR: Menyandang gelar Habib dan aktif mengajak masyarakat untuk kembali kepada kemurnian ajaran Islam dan meninggalkan bid’ah. 

  

USTADZ SUBHAN BAWAZIER: Dikenal sebagai Bikers. Saat mengisi kajian kerap membawa motor gede. Pembina dari pondok pesantren Aladzievie yang berlokasi di Bogor. 


USTADZ MUHAMMAD ABDUH TUASIKAL: Latar belakang pendidikan S2 Teknik kimia, tapi memiliki 20 sanad kitab dari Al Musnid Syaikh Al Ushaimi.

  

USTADZ SOFYAN CHALID IDHAM RURAY ATAU USTADZ SOFYAN RURAY: Asli dari Manado Sulawesi Utara. Alumni dari Pondok Pesantren Al-Madrasah As-Salafiyah Depok. Menimba ilmu dari Guru Guru yang Sama Seperti Ustadz Firanda dan Ustadz Badrussalam. Buku-buku yang terkenal: 1.Tauhid Pilar Utama Membangun Negeri; 2.Salafi Antara Tuduhan dan Kenyataan; 3.Peringatan dari Bahaya Syirik; 4.Cara Mudah Memahami Fiqih Haji; 5.Karena Wanita Harus di Mengerti.


USTADZ ABDURRAHMAN THOYYIB: Daerah asal dari Surabaya Jawa Timur. Alumni Fakultas Dakwah dan Ushuluddin Universitas islam Madinah (UIM), Diploma Dakwah Universitas islam Madinah (UIM). Penentang ilmu filsafat.


USTADZ AMMI NUR BAITS: Alumni Jurusan Tekhik Nuklir Universitas Gadjah Mada (UGM) dan kuliah lagi di Madinah Internasional University. Tak punya latar belakang pendidikan pesantren.


USTADZ USTADZ FADLAN FAHAMSYAH: Alumni dari LIPIA Djakarta. Dosen STAI Ali bin Abi Thalib Kota Surabaya dan Pengasuh Materi Hadist Radio Suara Al iman.


USTADZ USTADZ ABDULLAH ROY: Anggota Dewan Fatwa Al irsyad. Doktor Bidang Akidah. Alumni S3 Universitas Islam Madinah (UIM). S1 Fakultas Hadist, S2 Fakultas Dakwah Urusan Aqidah, S3 Lulus Sebagai Alumni Fakultas Dakwah Bidang Aqidah Universitas Islam Madinah (UIM). Banyak menulis buku, antara lain; 1. Jalan yang Selamat; 2. Silsilah Aqidah; 3. Aliran Islam Jamaah Pemaparan dan Bantahan; 4. Menempuh Jalan Aqidah yang Benar (Lurus); 5. Pembahasan Pembahasan Aqidah yang Berhubungan dengan Adzan. Juga jadi dosen di STID Imam Syafi'i Jember; Pengajar Ma'had Al-Furqon Gresik; pengajar Bahasa Indonesia di Masjid Nabawi; Pembina Group Watsapps Halaqah Silsilah ilmiah (HSI) AbdullahRoy.


USTADZ USTADZ ABDULLAH TASLIM: Alumni Jurusan Hadist Univertas Islam Madinah (UIM). Beberapa kajian dan ceramah yang jadi perhatian antara lain adalah Bidadari Surga Cemburu Kepadamu, Memahami Makna Kedekatan dan Kebersamaan Allah, Menyembukan Hati dengan Persangkaan Baik Kepada Allah.


USTADZ USTADZ MUHAMMAD ARIFIN BADRI: Alumni Pesantren Al-Irsyad Salatiga Jawa Tengah. Kuliah di Universitas Islam Madinah (UIM). S1 di Fakultas Syari'ah, S2 Jurusan Fiqih Fakultas Syari'ah, S3 Jurusan Fiqih Fakultas Syariah Universitas Islam Madinah (UIM).


USTADZ USTADZ ABU USAMAH SYAMSUL HADI: Berasal dari Lombok NTB. Alumni Dari Darul Hadist Dammaj Yaman. Murid dari Syaikh Muqbil Bin Hadi Al-Wadi'i Rahimahullahu, Pengasuh imam Ma'had Imam Asy Syafi'i Sumbawa NTB. Pengajiannya sering diputar di Radio Rodja. 


USTADZ ABDULLAH ZAEN: Alumni Universitas Islam Madinah (UIM). S1 di Fakultas Hadist dan Dirasat Islamiyah, S2 di Fakultas Aqidah Universitas Islam Madinah (UIM). Jadi pengajar Pondok Pesantren Tunas Ilmu di Purbalingga Jawa Tengah dan dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi'i Jember.


USTADZ RAEHANUL BAHRAEN: Berasal dari Dompu Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM). Kiprah Ustadz Raehanul Bahraen antara lain Pembina Yayasan Indonesia Bertauhid; Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari Jogjakarta; Dosen Fakultas Kedokteran Mataram.


USTADZ ABDUL HAKIM BIN AMIR ABDAT: Dai senior Salafi Indonesia. Sangat produktif menulis antaralain Syarah Aqidah Salaf; Risalah Bid'ah. Murid-muridnya antara lain Ustadz Nuzul Dzikri;  Ustadz Abu Qatadah; Ustadz Muhtarom; Ustadz Abidin Bin Syamsudin; Ustadz Hartono Ahmad; Ustadz Abu Ya'la Kurnaidi.

Ini salah satu jejak digital Anies Baswedan bersama para ustadz Dewan Fatwa Al Irsyad di Jakarta. Ustadz Nizar Saad Jabal mengharamkan musik hingga tembakau.

Post a Comment

Previous Post Next Post