Cara Enak Melawan Virus Corona Menurut Ahli Virologi Tanpa Alat Lengkap: Kuncinya Satu, Jangan Panik


Menurut ahli virologi, drh. Moh. Indro Cahyono, untuk melawan virus corona sebenarnya tidak terlalu rumit bila mengetahui karakter virusnya. Meski tak memiliki sarana lengkap, virus corona (COVID-19) dapat dihadapi dengan cara sederhana. Yang penting, jangan panik.


Indro Cahyono mengatakan, virus corona (COVID-19) adalah virus yang beramplop, yaitu virus yang memiliki selubung glikoprotein diilustrasikan seperti lapisan luar balon yang berduri. Duri (spike) di bagian luar terdiri dari protein dan memiliki ujung bulat seperti mahkota raja (corona), sehingga disebut virus corona.

Lapisan selubung dan duri protein luar ini akan sangat mudah hancur oleh pelarut lemak seperti sabun dan deterjen. Sehingga dengan seringnya kita mencuci tangan, sering mengepel lantai dengan desinfektan atau cairan pembersih lantai, maka virusnya akan hancur dan tidak akan menyebar lagi, ungkap Virolog drh. Moh. Indro Cahyono.

Jadi tidak perlu panik berlebihan, karena virus corona tidak seganas seperti yang dibayangkan. Pola kematian tidak pernah bergerak dari angka 2-3 %. Berarti 97 % manusia yang terkena virus corona masih hidup dan bisa sembuh total.

Reaksi tubuh terhadap virus corona sebagai berikut :
Hari 1     : reaksi infeksi hari pertama bersin karena penolakan tubuh terhadap benda asing
Hari 2-3 : pilek, karena system kekebalan tubuh mengeluarkan lendir untuk menjebak virus
Hari 4-6 : demam karena sudah mulai ada radang untuk menarik antibody
Hari 7    : antibody anti corona virus keluar dari lympha

Saat tubuh terpapar virus hidup maka semua mahluk hidup perlu waktu 7 hari yaitu untuk beradaptasi dengan virus dan memasukkan data terkait virus ke sel memori (sel memori tersimpan di lympha). Kemudian mengeluarkan antibody spesifik virus pertama dalam waktu 7 hari (respon imun primer). Sel memori punya daya tahan yang lama (bisa 30 tahun, bahkan bisa seumur hidup), sehingga jika ada paparan virus yang pernah masuk, maka lympha akan mengeluarkan antibody spesifik lagi hanya dalam waktu 24 jam (bukan 7 hari karena sel memori sudah punya data / respon imun sekunder).

Salah satu cara efektif untuk menangkal corona adalah dengan menjaga kebersihan serta menerapkan pola hidup sehat, dan yang paling terpenting adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh atau antibody. Salah satu cara ampuh meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung curcumin seperti pada : kunyit, jahe, temulawak. Hal ini terbukti secara ilmiah dan sejalan menurut Guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga Prof. Dr. Chaerul Anwar Nidom.drh.MS.

Previous Post Next Post