Heboh, Montir Tak Lulus SD Bisa Bikin Pesawat dan Berhasil Diterbangkan


Chaerul (40), montir yang tak lulus SD warga Pinrang, Sulawesi Selatan, ini bisa bikin pesawat terbang sendiri secara otodikdak. Saat dicoba, pesawat yang dirangkai  dengan mesin  motor 2 tak tersebut ternyata berhasil terbang dan bikin heboh warga setempat. Lihat video hasil uji coba di bawah ini



Pesawat terbang sejenis Ultralight buatan Chaerul ini hanya terbuat dari barang bekas, seperti roda gerobak pengangkut pasir, sedangkan sayap yang terbentang di atas pesawat tersebut terbuat dari parasut bekas yang biasa dijadikan penutup mobil. Adapun mesinnya terbuat dari mesin motor Kawasaki Ninja RR 150 cc.

Chaerul menguji terbang pesawatnya di Pantai Ujung Tape, Pinrang. Pesawat itu sempat berputar di atas laut satu kali, lalu mendarat mulus di atas pasir.

Sebelumnya, pesawatnya sempat diuji terbang dua kali, namun gagal. Lalu ada komponen yang digantinya, hasilnya, Rabu (15/1) hari ini pesawatnya berhasil mengudara.


"Ada beberapa komponen yang saya ganti termasuk mesinnya, dan akhirnya bisa terbang,"jelasnya.

Penerbangan pesawat kecil buatan Chaerul disaksikan puluhan warga Langga, Kabupaten Pinrang.

Chaerul mengaku perasaannya bercampur aduk saat pesawatnya akhirnya bisa melayang di udara. Dia juga sempa was-was saat menerbangkan pesawat buatannya.


Berapa biayanya? Menurut Chaerul, mesin motor  berkapasitas 150 cc yang dibelinya seharga Rp8 juta. Total biaya sekitar Rp 35 juta guna merangkai rangka pesawat yang hanya dibuat dari aluminium, serta kain parasut sebagai penutup rangka sayap.
Previous Post Next Post