Harran, Kawasan Wisata Bersejarah di Turki


Harran adalah satu tempat tujuan wisata di Turki yang menyimpan jejak sejarah sekitar 5 ribuan tahun dan dikenal sebagai salah satu pusat budaya yang penting sejak zaman purba.

Lokasi Harran terletak sekitar 44 kilometer dari wilayah Şanlıurfa, tepatnya di bagian tenggara Turki, yang menggabungkan Mesopotamia dengan Mediterranean.

Menurut tablet cuneiform yang diperoleh dari penggalian arkeologi, nama Harran tidak berubah selama kira-kira 4 ribu tahun. Makna dari kata Harran adalah ''perjalanan, kafilah" atau "Crossroads" menurut bahasa Sumeria dan Akathy. Konon, Harran adalah bagian jalur perdagangan antara Anatolia dan Mesopotamia selama beribu-ribu tahun, sehingga menjadi wilayah bertemunya aneka budaya di kawasan perdagangan yang bersejarah ini.

Pada masa kini, salah satu pusat pendidikan dunia juga berada di Harran, yakni Universitas Harran yang terkenal kerena melahirnya sejumlah tookoh sejak dulu kala dan  melakukan penyelidikan ilmiah yang luar biasa.. Pada tahun 800-an, terdapat tokoh terkenal di Harran, yakni Sabit bin Kurra, salah seorang ahli matematik terbesar yang menerjemahkan karya-karya ahli filsafat Yunani ke dalam bahasa Arab.

Ada juga Battani ( lebih dikenal sebagai Albatanius di Eropa) yang terkenal karena berhasil menghitung dengan tepat jarak dunia ke bulan. Ulama agama Sheikh-ul-Islam Ibn Taymiyyah juga merupakan ilmuwan terkenal di dunia yang bersekolah di Harran.

Harran pernah diserang oleh bangsa Mongol pada tahun 1260-an hingga masa kemasyrannya jadi menyusut. Meski begitu jejak sejarah kemasyuran Harran di masa lalu masih dapat ditemui di masa kini. Salah satunya rumah-rumah tradisional yang mempunyai kubah-kubah conical dalam bentuk sebuah kerucut.



Previous Post Next Post