Penyebaran Islam di Tanah Jawa

Kabupaten Demak sangat kental dengan segala tradisi yangbernafaskan islam. Ini karena kisah persebaran agama islam pertama di tanah Jawa ada di Demak. Dan Masjid Agung Demak, menjdi salah satu bukti sejarahnya. Masjid yang juga menjadi tujuan wisata di Jawa Tengah ini telah berusia 553 tahun, sarat akan sejarah islam nusantara abad ke 15. Salah satu pendirinya adalahRaden Fatah, putra dari Prabu Brawijaya 5, Raja Majapahit ke 11. Turut andil bersama Raden Fatah, Sunan Kalijaga yang mendekatkan islam kepada masyarakat Demak.

Eksotisme Masjid Agung Demak masih terlihat jelas karena keaslian dari arsitekturnya bertahan hingga kini. Selain arsitekturnya, Masjid ini memiliki sejumlah peninggalan asli zaman persebaran dahulu yang masih terjaga hingga sekarang.Salah satunya adalahkeberadaan Soko Guru yang merupakan peninggalanWalisongo. Selain Soko Guru, terdapat pernik peninggalan jaman Kerajaan Majapahit dulu kala yang dibawa oleh Raden Fatah dan menghiasi Masjid Agung Demak.

Tak hanya sebagai tempat beribadah, Masjid Agung Demak juga menjadi pusat penelitian dan edukasi tentang sejarah islam di tanah Jawa. Sebuah museum khusus dibangun untuk menyimpan barang-barang peninggalan bersejarah yang juga telah termasuk dalam benda-benda cagar budaya.