Inilah Contoh Hinanya Cak Nun Soal Tak Mau Diundang ke Istana Negara: Ada Bukti Foto dan Video

Budayawan Emha Ainun Najib alis Cak Nun kalau ngomong terkesan enteng atau gampang njeplak. Contohnya, Cak Nun mengaku tak pernah mau dipanggil ke Istana Negara oleh Presiden dengan alasan ndakik-dakik. Tapi apa faktanya?

Awalnya, Cak Nun mengatakan dirinya akan selalu melakukan sesuatu sesuai dengan pernyatannya.
"Kalau saya bilang A, saya melakukannya sampai umur 66, sampai sekarang A, A," kata Cak Nun, dikutip TribunJakarta.com dari YouTube Najwa Shihab, pada Minggu (5/5/2019).

Cak Nun menegaskan jika ia menyebut dirinya tak bisa dipanggil oleh presiden maka hal tersebut akan ia tepati. "Sampai sekarang kalau saya bilang 'hei saya tidak bisa dipanggil presiden, saya yang berhak panggil presiden, karena aku rakyat, aku yang bayar," sambung Cak Nun disambut tepuk tangan riuh hadirin.

"Itu saya lakukan, dan saya tidak pernah mau dipanggil ke istana, dan saya tidak pernah bangga sama sekali (kalau ke istana), hina saya kalau sampai ke sana," ucap Cak Nun dengan nada tinggi.

Tapi pengakuan Cak Nun itu tak sesuai dengan fakta. Buktinya, Cak Nun pernah hadir di Istana Negara pada era Soeharto. Ini bukti rekaman video dan fotonya: