Header Ads

Gulung Vietnam, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U19


Timnas U-19 Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Vietnam 1-0 dalam pertandingan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu, 7 Juli 2018.

Gol tunggal Muhammad Rafli pada menit ke-81 memastikan Indonesia mengumpulkan 12 poin dari 4 laga. Tim asuhan Indra Sjafri itu unggul dua angka dari Thailand dan terpaut 5 poin dari Vietnam di posisi ketiga.

Dengan satu laga tersisa, posisi Indonesia di dua besar tak mungkin lagi tergoyahkan. Pada laga terakhir, Senin, 9 Juli 2018, Timnas U-19 akan menghadapi Thailand, sekaligus berebut posisi juara grup.


Vietnam yang mengambil bola kick-off melakukan serangan kilat di detik-detik awal. Sebuah umpan langsung mengarah ke dalam kotak penalti Indonesia. Berntung kiper Muhamad Riyandi cukup sigap dalam menangkap bola sebelum berhasil direbut oleh pemain Vietnam yang bergerak di depan mulut gawang.

Gebrakan pertama Vietnam itu tak membuat panik pemain-pemain Indonesia. Sebaliknya Garuda Muda tampil tenang dan mengendalikan permainan sepenuhnya. Hal itu membuat pemain-pemain Vietnam tak lagi bisa mengembangkan permainan dan melakukan serangan cepat.

Menit ke-15, Indonesia mendapatkan peluang emas. Witan Sulaeman mendapatkan umpan terobosan dari Hanis Saghara. Berhasil mengecoh satu pemain Vietnam, Witan kemudian melepaskan tembakan kaki kiri melengkung. Sayang bola masih mengarah tipis di atas mistar.

Vietnam gantian memberikan ancaman berbahaya di menit ke-27. Nguyen Huu Thang yang menerobos masuk dalam kotak penalti berhasil menyambar bola umpan silang dari kanan. Beruntung kiper Riyandi berhasil menghadang bola dengan kaki sebelum kemudian mengamankannya dengan tangan.

Di menit ke-33, Riyandi kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola melewati mistar gawang dari tembakan jarak jauh pemain Vietnam.

Kedua tim saling menyerang di menit-menit akhir babak pertama, namun mereka gagal menciptakan peluang bagus hingga wasit meniup peluit akhir babak pertama. Kedudukan babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, pelatih Indonesia Indra Sjafri memasukkan Todd Rivaldo Alberth Ferre untuk menggantikan Muhammad Luthfi. Tampaknya Indra ingin meningkatkan penyerangan Garuda Muda.

Masuk Rivaldo memang membuat serangan Indonesia semakin bervariasi dan efektif. Beberapa kali pemain asal Papua ini menunjukkan permainan individu yang mengguncang pertahanan Vietnam.

GOL! Perjuangan Indonesia akhirnya berbuah hasil. Tim Garuda Muda berhasil mencetak gol di menit ke-80 melalui Rafli yang menyambar masuk bola rebound dari mistar gawang hasil tembakan Rivaldo.

Gol itu berawal dari pengerakan Rivaldo dari tengah lapangan. Dia menggiring bola melewati lima pemain Vietnam. Lalu dari dalam kotak penalti dia melepaskan tembakan keras. Bola menerpa mistar gawang dan jatuh mengarah kepada Rafli yang tampa ampun menyambar dengan kiki kiri dan gol.

Vietnam langsung bangkit untuk mengejar ketinggalan. Beberapa kali Vietnam melakukan tembakan berbahaya. Beruntung kiper Riyandi cukup tenang dalam mengantisipas tembakan-tembakan keras Vietnam dan selamatlah gawang Indonesia. Tak ada gol penyama kedudukan dilakukan Vietnam. Indonesia pun menang 1-0.



Susunan Pemain:
Timnas Indonesia U-19: Muhamad Riyandi (GK), Kadek Raditya Maheswara, Nurhadiyat Haji Haris (C), Muhamad Rafi Syarahil, Muhamad Luthfi Kalam Baharsyah (Todd Rivaldo ’46), Witan Sulaeman, Firza Andika, Feby Eka Putra, Syahrian Abimanyu, Hanis Saghara, Asnawi Mangkualam Bahar.

Timnas Vietnam U-19: Yelinie (GK), Pham Van Nam, Nguyne Hung Thien Duc, Dang Vang Tol, Bui Hong Viet Anh (C), Nguyen Hong Son, Le van Xuan, Le Duan Tu, Tran Bao Toan, Nguyen Huu Thang, Le Van Nam.