Video Highlights: Meksiko Vs Swedia 0-3

Swedia memastikan diri lolos ke putaran babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Meksiko dengan skor 0-3 dalam laga terakhir babak penyisihan Grup F yang dihelat di Ekaterinburg Arena, Rusia, Rabu malam (27/6/2018).

Kepastian itu diperoleh Swedia tak hanya setelah berhasil mengalah Meksiko, tetapi juga karena di laga berbeda Jerman dipermalukan Korea Selatan dengan skor 0-2. Alhasil dari Grup F, Swedia dan Meksiko dipastikan lolos ke 16 besar.



Bagi Swedia, yang di Grup F mengoleksi poin yang sama dengan Jerman, kemenangan adalah wajib hukumnya jika ingin bermain di perdelapan final.

Swedia bahkan sebaiknya mencetak banyak gol ke gawang Meksiko untuk menjaga peluangnya ke babak 16 besar, karena di saat bersamaan Jerman sedang bertarung melawan Korea Selatan untuk juga memastikan diri lolos ke fase gugur pertama Piala Dunia 2018.

Tak heran jika di laga kontra Meksiko, Swedia bermain lebih agresif. Meski tak banyak menguasai bola, tim asal Eropa Utara itu berhasil menciptakan sejumlah peluang emas di babak pertama.

Salah satu peluang terbaik diperoleh Marcus Berg di akhir babak pertama, tetapi sayangnya tembakan striker Swedia itu masih belum tepat sasaran.

Di babak kedua, Swedia kembali memeragakan gaya bermain efektif dengan mengandalkan serangan balik untuk mengimbangi dominasi penguasaan bola Meksiko di babak pertama.

Dan gaya Swedia itu memberikan hasil indah di menit 50 ketika Ludwig Augustinsson berhasil membobol gawang Guillermo Ochoa dengan tembakan keras dari dalam kotak penalti, memanfaatkan umpan Viktor Claesson.

Selang 12 menit dari gol pertama, Swedia sudah unggul 0-2 atas berkat gol Andreas Granqvist dari titik penalti. Swedia mendapat hadiah dari wasit setelah Hector Moreno melaggar Marcus Berg di dalam kotak terlarang.

Unggul 0-2, Swedia semakin ganas menekan pertahanan Meksiko. Diserang bertubi-tubi, gawang Ochoa kembali bobol di menit 74. Gol ketiga Swedia itu tercipta setelah Edson Alvarez salah mengantisipasi sundulan Isaac Kiese Thelin dan membobol gawang sendiri.

Hingga laga berakhir, keunggulan 0-3 untuk Swedia tak berubah.


Formasi dan susunan pemain:
Meksiko (4-2-3-1): Guillermo Ochoa; Edson Alvarez, Carlos Salcedo, Hector Moreno, Jesus Gallardo; Hector Herrera; Andres Guardado; Miguel Layun, Carlos Vela, Hirving Lozano; Javier Hernandez.

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Mikael Lustig, Victor Nilsson Lindeloef, Andreas Granqvist, Ludwig Augustinsson; Emil Forsberg, Albin Ekdal, Sebastian Larsson, Viktor Claesson; Ola Toivonen, Marcus Berg.

Highlights: Meksiko Vs Swedia 0-3