Breaking News

Sebelum Bertemu Trump, Kim Jong Un Jalan-jalan Menikmati Singapura

SINGAPURA - Sebelum melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un memilih jalan-jalan menikmati suasana malam  Singapura, Senin (11/6/2018). Para pengawal tampak ikut melakukan penjagaan dengan ketat.

Seperti dilansir Channel News Asia  Kim jalan-jalan di Flower Dome Gardens by the Bay bersama seluruh rombongannya. Dia ditemani Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, dan Menteri Pendidikan Ong Ye Kung.

Kim terlihat tersenyum ketika berbicara dengan Balakrishnan. Kemudian mereka mengambil foto bertiga dengan Kim dan Ong, dan mengunggahnya di akun Twitter resminya. " Jalan-jalan. Tebak di mana?" kata Balakrishnan di dalam keterangan gambar.

Setelah itu, Kim berada di Marina Bay Sands, dan dilaporkan hendak menuju SkyPark. Balakrishnan mengklaim, menjadi tuan rumah pertemuan Trump dan Kim merupakan operasi pengamanan terbesar yang pernah ditangani Singapura.

Klaim tersebut didasarkan pada besarnya perhatian dunia terhadap dua pemimpin ini berkaitan dengan senjata nuklir yang dipunyai Korut. Dalam wawancaranya dengan BBC, dia menyatakan Singapura telah memperhitungkan adanya aksi terorisme yang bisa terjadi. "Karena itu, kami mengerahkan semua militer, polisi, agen rahasia, semua yang kami punya dikerahkan dan ditempatkan," kata Balakrishnan.

Dia melanjutkan dengan percaya diri, pertemuan yang bakal digelar di Hotel Capella, Pulau Sentosa, itu bakal memberi hasil positif. Isu utama yang bakal dibahas dalam perundingan tersebut adalah desakan AS agar Korut bersedia melucuti senjata nuklir dan rudal balistik yang dipunyai.

"Dia berkata bahwa saat ini, yang dia pikirkan adalah mengembangkan ekononomi negaranya. Setelah mengunjungi Pyongyang secara langsung, saya rasa Korut adalah negara yang disiplin," tuturnya.