Header Ads

Bertemu Trump, Kim Jong Un Ungkapkan Perjalanan Korut Tidak Mudah

SINGAPURA - Korea Utara (Korut) dan Amerika Serikat (AS) melewati berbagai fase dan rintangan untuk bisa membuat pertemuan bersejarah antara Presiden Donald Trump dan Kim Jong Un terwujud. Hal itulah yang pertama kali diungkapkan Kim saat akhirnya bertatap muka dengan Trump.

Kepada Trump, dia menyebut jalan untuk mewujudkan pertemuan bersejarah tersebut tidaklah mudah.

"Jalan untuk bisa datang ke sini tidak mudah. Prasangka dan praktik lama bekerja sebagai hambatan dalam perjalanan kami, tetapi kami berhasil mengatasi semuanya dan kami berada di sini hari ini," kata Kim, seperti dilansir AFP dan iNews.id , Selasa (12/6/2018).

Dalam kesempatan itu, Trump mengatakan pertemuan mereka akan sukses. Dia optimistis AS dan Korut bisa menjalin hubungan baik setelah pertemuan,

"Kita akan memiliki hubungan yang hebat," ujar Trump.

Pertemuan bilateral antara Trump dan Kim beserta delegasi kedua negara. (Foto: Straits Times)

Lewat akun Twitter-nya, Trump kembali menegaskan keyakinan bahwa pertemuannya dengan Kim akan berakhir sukses.

"Saya merasa hebat dan kami akan memiliki diskusi yang hebat dan, saya pikir kesuksesan luar biasa. Hal itu akan sangat sukses, dan sebuah kehormatan bagi saya dan kami akan memiliki hubungan yang hebat, saya tidak ragu  #TrumpKimSummit," cuit Trump.

Pertemuan pertama keduanya berakhir. Dalam kesempatan itu, Trump dan Kim kembali berjabat tangan disaksikan pejabat kedua pihak. Belum diketahui apa saja yang akan dibicarakan dalam pertemuan tersebut.