Breaking News

Fakta unik kehidupan perempuan di Arab Saudi


Negara Arab Saudi kerap kali dikenal oleh banyak kalangan sebagai negara yang amat menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi wanita Arab yang tak memiliki kebebasan  yang sama dengan wanita lain sudah menjadi rahasia umum.

Aturan mengharuskan wanita Saudi tidak diperkenankan untuk bepergian sendiri tanpa mahramnya. Mereka juga tidak diperbolehkan mengendarai mobil, apalagi mempunyai Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Peraturan ketat ini tentunya disebabkan Pemerintah Arab memiliki pertimbangan sendiri untuk kebaikan masyarakatnya. Banyak rumor beredar yang menganggap bahwa hidup sebagai wanita Arab Saudi bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Pergerakan mereka dibatasi dalam berbagai hal. Padahal seharusnya, hak kebebasan wanita Saudi sama dengan hak wanita lain pada umumnya.

Namun fakta berkata lain. Wanita Saudi di era modern ini tidak selalu dikungkung seperti wacana yang beredar. Mereka juga bisa menggunakan pakaian bermodel menawan, menghadiri pameran mobil, pergi ke pantai, hingga berjualan.


Mereka tetap berusaha untuk melakukan banyak hal tanpa menyalahi syari’at. Dikutip dari sumber yang diperoleh dari viva.co.id, berikut adalah enam fakta unik kehidupan wanita Arab Saudi di era modern.

Suka Kumpul dengan Sahabat.
Pada umumnya, seorang wanita gemar berkumpul dengan sahabat meski hanya sekedar ngobrol dan tertawa bersama. Wanita Aran pun juga demikian, mereka memiliki teman dan sahabat dari liar rumah dan kerap berkumpul untuk menghabiskan waktu. Ketika bertemu dengan sahabatnya, wanita Arab sering memakai pakaian yang tidak terlalu tertutup dan lebih modis dari biasanya. Ketika acara ini tentunya kaum Adam tidak diperkenankan untuk ikut.

Narsis di Medsos.
Seiring berkembangnya zaman, mulai banyak wanita yang hobi unjuk gogo di media sosial (medsos)-nya masing-masing. Tak terkecuali wanita Arab, saat ini mereka juga mulai nyaman berinteraksi dengan orang yang baru dikenalnya melalui media sosial seperti Instagram. Pasalnya, dengan berinteraksi melalui medsos, mereka lebih mudah untuk menunjukkan kebolehannya.

Stylish dan Gemar Mode.
Wanita Arab kerap kali dianggap sebagai wanita yang sangat menjaga tubuhnya. Ketika keluar rumah, mereka selalu memakai pakaian yang sangat tertutup, Meski faktanya demikian, wanita Arab juga gemar bersolek dan berpakaian trendi. Dikutip dari National Geographic, di Arab Saudi juga ada acara fashion show dari para desainer terkenal. Bedanya, dalam acara tersebut yang diperbolehkan hanya kaum Hawa, Ketika event itu berlangsung, para peserta maupun penonton menyaksikan pakaian trendi dan boleh untuk membelinya. Syaratnya, mereka hanya diperbolehkan memakainya hanya kepada suami dan kerabat sesama perempuan.

Kuliah dan Bekerja.
Jika berpikir bahwa wanita Arab selalu dikurung di rumah dan hanya melakukan pekerjaan rumah saja. Anggapan seperti itu adalah keliru. Saat ini, banyak wanita Arab yang aktif di dunia perkuliahan. Bahkan tak sedikit juga yang bekerja di instansi umum. Saat ini jumlah mahasiswi di Arab lebih banyak dibanding dengan mahasiswanya. Sedangkan profesi yang digemari wanita Arab ialah guru dan dokter.

Aktivitas perniagaan saat ini bukan hanya digeluti oleh kaum Adam saja. Kabarnya, pemerintah Arab telah menerbitkan peraturan baru yang membolehkan wanita untuk berjualan. Tak tanggung-tanggung, barang yang di jual pun beragam, mulai dari makanan, pakaian, hingga peralatan make up. Namun, ada aturan khusus bagi wanita yang ingin berjualan. Pria lajang dilarang masuk sendirian di toko pemilik wanita. Sedangkan pria yang sudah menikah, diperbolehkan masuk dengan mengajak sang istri.

Sisi Lain dari Pelarangan SIM
Larangan Pemerintah terhadap seorang wanita untuk memiliki SIM menjadi perbincangan dunia. Banyak pihak yang kurang setuju dengan aturan ini karena membatasi gerak-gerik wanita. Namun, aturan ini tidak menjadi halangan wanita Arab untuk menjajal mobil. Banyak wanita Arab yang mendatangi pameran mobil meskipun sekedar berpose dan berfoto.