Antara PKI dan Transportasi Supercepat SpaceX


Apa kabar saudaraku? Apakah kita masih ingin terus menerus sibuk memperdebatkan isu PKI? Alangkah bodohnya kita bila terus menerus memperdebatkan hal itu? Padahal, komunisme sudah runtuh dan terbukti tak laku lagi. Bahkan, Rusia dan China sudah beralih menjadi negara kapitalis.

Kalau ingin terus mempersoalkan sejarah pemberontakan di negri ini, kenapa hanya isu PKI saja dikejar-kejar dan diungkit-ungkit? Padahal, PKI sudah dinyatakan dilarang di Indonesia dengan TAP MPR dan pasca tragedi 1965 lalu ada ratusan ribu jiwa yang dibantai karena dicurigai sebagai pengikut PKI.

Kalau ingin terus mempersoalkan sejarah pemberontakan di negri ini, kenapa hanya isu PKI saja dikejar-kejar dan diungkit-ungkit? Padahal, di negeri ini banyak sejarah pemberontakan, seperti DI/TII, PRRI/Persemesta yang juga menimbulkan korban jiwa. Kenapa hanya isu PKI saja dikejar-kejar dan diungkit-ungkit? Padahal, keturunan tokoh DI/TII dan keturunan tokoh PRRI/Persemesta kini juga ada yang menduduki posisi penting. Bahkan, ada yang ngebet mau jadi calon presiden.

Tapi sudahlah, tak perlu mempersoalkan semua itu.Alangkah baiknya bila kita berdamai dengan masa lalu. Yang pasti, semua pemberontakan tidak boleh muncul lagi, baik itu PKI, DI/TII, PRRI/Persemesta dan gerakan separatis lainnya. Betapa rendahnya peradaban kita bila terus berdebat soal PKI, sementara negara lain makin maju dengan aneka teknologi.

Coba bandingkan sebentar perkembangan teknologi SpaceX dengan wacana publik di Indonesia yang hanya didominasi oleh kegaduhan isu yang itu-itu melulu. Ketika SpaceX sibuk berpikir menyiapkan transportasi supercepat bertenaga roket, kita malah heboh dengan berita-berita hoax soal isu PKI dan isu-isu bernuansa SARA.


Transportasi Supercepat SpaceX : Hongkong - Singapore Cuma 22 menit
Mari renungkan sebentar tentang kehebatan teknologi SpaceX yang dipamerkan pendiri SpaceX dan Tesla, Elon 'Tony Stark' Musk. Dengan teknologi roket, Musk akan membangun transportasi antar negara dengan kecepatan fantastis.Untuk menempuh jarak Hongkong - Singapura hanya butuh waktu 22 menit. Teknologi transportasi yang dipamerkan Musk adalah sistem roket luar angkasa SpaceX namun dipakai hanya untuk mengangkut penumpang dari negara satu ke negara lain.

Setelah roket diluncurkan melewati atmosfer, akan kembali masuk ke dalam atmosfer dan mendarat di kota yang akan dituju. Dalam video animasinya, Musk menggambarkan beberapa contoh rute, yakni; Hong Kong ke Singapura (22 menit), London ke Dubai atau New York (29 menit) dan Los Angeles ke Toronto (24 menit).

Daftar Jarak Tempuh Antar Kota Antar Negara
Hongkong - Singapore cuma 22 menit
Lose Angeles - Toronto cuma 24 menit
Bangkok - Dubai cuma 27 menit
London - New york cuma 29 menit
New York - Paris cuma 30 menit
Honolulu - Tokyo cuma 30 menit
Tokyo - New Delhi cuma 30 menit
Sidney - Singapore cuma 31 menit
London - Hongkong cuma 34 menit
Los Angeles - Shanghai cuma 36 menit


Meski rute transpotasi roket antar negara itu belun terwujud, SpaceX sudah berulangkali berhasil melakukan peluncuran roket dan pendaratan roket dengan sukses. Artinya, dari fakta empiris hasil percobaannya, SpaceX sudah membuktikan keberhasilannya melakukan peluncuran roket dan pendaratan roke. Musk berharap konstruksi roket untuk transpotasi roket itu bisa dimulai dalam enam atau sembilan bulan ke depan.



Bagaimana? Masih jauh tertinggal bukan negara kita jika dibandingan dengan kemajuan SpaceX? Apakah kita masih ingin gaduh terus dengan isu politik yang itu-itu melulu? Apa nggak capek?  Kalau ingin mengiritk pemerintah silakan saja, tapi kritiknya yang rasional disertai data konkrit dan bukan hoax. Mengritik dengan menjegal itu sangat lain lho. Harap dicatat, munculnya isu PKI itu pilih-pilih. Ketika ada pemimpin yang baik, justru muncul aksi-aksi gaduh semacam ini. Nah bisa menebak kan: ada pihak tertentu yang tidak suka bila Indonesia maju. Karena itu, kalau ingin Indonesia maju, mari kita segera berdamai dengan masa lalu. Kemudian bekerja keras agar bisa mewujudkan kemajuan seperti SpaceX. Bukan begitu? ( @SutBudiharto )
Antara PKI dan Transportasi Supercepat SpaceX Antara PKI dan Transportasi Supercepat SpaceX Reviewed by SUTTRISNO BUDIHARTO on September 29, 2017 Rating: 5