Ketika Google Koplak: Nama Jl Dewi Sartika Berubah Jadi Jalan Dewi Persik

Perusahaan besar multi nasional sekelas Google ternyata juga bisa koplak. Buktinya, nama Jalan Dewi Sartika di Bekasi Timur berubah menjadi Jalan Dewi Persik dalam aplikasi Google Maps. Kekeliruan penulisan nama itu bukan cuma membuat bingung warga, tapi juga bikin kesal. Betapa tidak? Penamaan jalan Dewi Sartika adalah untuk menghormati pahlawan nasional Indonesia, tapi  dalam aplikasi Google Maps keliru ditulis Dewi Persik, artis dangdut yang seronok. Wajar saja bila hal itu membuat Pemkot Bekasi protes.


Eko Prasetyo mengaku mengetahui perubahan nama jalan itu pertama kali ketika memesan transportasi online dari Bekasi Jaya Indah ke Jalan Dewi Sartika pada 6 Agustus 2017 sekitar pukul 12.30. Ruas jalan yang menghubungkan Jalan Madmuin Hasibuan dan Jalan Juanda itu, aslinya memakai nama pahlawan nasional perempuan, Dewi Sartika. Namun ketika mengetik nama jalan tersebut dalam aplikasi Google, yang muncul malah nama Dewi Persik. "Sejak kapan nama jalan itu berganti menjadi nama pedangdut?" kata Eko seperti dilansir Tempo.co.

Karena itu, Eko meminta pemerintah daerah turun tangan menanyakan perubahan nama jalan tersebut ke perusahaan penyedia aplikasi. Hingga Senin, 7 Agustus 2017, nama Jalan Dewi Persik, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, masih tercantum di aplikasi Google Maps.



Terkait kekeliruan Google tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bekasi, Jawa Barat,  sudah menyurati perusahaan Google. "Hari ini kami layangkan surat resmi kepada operator Google perihal perubahan nama ini. Kami ingin tahu alasannya seperti apa, sebab penamaan jalan di Kota Bekasi tidak bisa seenaknya diubah," kata Kepala Diskominfo Kota Bekasi Titi Masrifahati di Bekasi, Senin (7/8) seperti dikutip Antara.

Disebutkan, perubahan nama jalan penghubung jalur protokol Jalan M Hasibuan dengan Jalan Ir H Djuanda itu telah berlangsung sejak 30 Juli 2017. Titi menyakini perubahan nama itu disinyalir akibat tangan usil 'hacker', namun motifnya sama sekali belum diketahui pihaknya.
 
Perwakilan Google Indonesia mengakui ada kesalahan nama jalan yang muncul di Google Maps yakni Jalan Dewi Sartika di Bekasi menjadi Jalan Dewi Persik sehingga membuat Pemkot Bekasi protes. Tim teknis Google sudah memperbaiki hal tersebut.

"Ada kesalahan nama tempat yang muncul di Google Maps yang tidak seharusnya terjadi, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Tim kami telah mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki isu ini," demikian penjelasan perwakilan Google Indonesia yang dilansir merdeka.com, Senin (7/8).

Selama ini, kumpulan data yang muncul di Google Maps berasal dari berbagai sumber. "Data basemap kami, seperti nama tempat, nama jalan, dll - adalah kombinasi dari penyedia pihak ketiga, sumber data publik, dan kontribusi pengguna. Secara keseluruhan ini memberikan kami data yang komprehensif dan up to date, namun kami menyadari adanya kemungkinan untuk munculnya inakurasi dari sumber-sumber ini," lanjut penjelasan tersebut.

Terkait kesalahan atau tidak akuratnya nama tempat atau jalan, Google menyatakan, terus memperbarui data secara reguler, namun waktu yang dibutuhkan bervariasi. "Inilah mengapa kami mempunyai tool yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mempercepat proses. Kami mendorong pengguna untuk melaporkan sesuatu yang tidak akurat lewat tool 'Send feedback' (Kirim masukan) yang ada di pojok kiri bawah di Aplikasi Google Maps, atau di pojok kanan bawah jika Anda menggunakan Google Maps di desktop. Kemudian klik 'Report a data problem'," tutup penjelasan Google.(berbagai sumber)

Ketika Google Koplak: Nama Jl Dewi Sartika Berubah Jadi Jalan Dewi Persik Ketika Google Koplak: Nama Jl Dewi Sartika Berubah Jadi Jalan Dewi Persik Reviewed by SUTTRISNO BUDIHARTO on August 07, 2017 Rating: 5