Saat Obama Diundang "Mudik" Jokowi: Maukah Ikut Makan Ketupat Lebaran?

Hingga H-1 Lebaran ini, arus mudik dilaporkan cukup lancar karena tak terjadi peristiwa luar biasa atau peristiwa horor seperti tahun lalu. Semoga kelancaran ini tetap terjaga hingga arus balik nanti. Soalnya, di tengah hiruk pikuk pemudik pada tahun ini, ada mantan Presiden Amerika Serikat Mr Barack Obama, yang juga ikut "mudik" ke Indonesia. Agenda "mudik" Obama ke Tanah Air ini ternyata bagian tindak lanjut dari undangan Presiden Joko Widodo. Apa saja agenda Obama selama "mudik' di Indonesia?
Pesawat Gulfstream N50JE yang ditumpangi Obama - Foto:  

Kabar perjalanan "mudik" Barack Obama ke Indonesia ini ternyata sudah menjadi perhatian warga Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari reaksi publik Indonesia di media sosial dengan menuliskan tagar #WelcomeMrObama. Seperti dilansir kanal detik.com (Sabtu (24/6/2017), hashtag #WelcomeMrObama telah bertengger di posisi nomor satu trending topic di Twitter. Artinya, mayoritas warganet ikut menyambut kedatangan Obama. Menariknya, cuplikan-cuplikan video Obama saat berkunjung ke Indonesia sebelumnya, kini juga ramai diunggah di media sosial.

Reaksi positif masyarakat itu mungkin akibat terkesan oleh pernyataan Obama yang selalu ingat kenangan hidupnya di Indonesia, khususnya soal sate dan bakso. Seperti diketahui, Obama  pernah mengatakan bahwa sate dan bakso merupakan makanan favoritnya di masa kecil ketika tinggal di Indonesia. Pada masa kecilnya, mantan Presiden AS yang punya nama panggilan Barry ini pernah tinggal di kawasan Menteng, Jakarta.

Bukan hanya soal sate dan bakso saja yang menjadi kenangan Obama di Indonesia. Selama tinggal di Indonesia, Ibu Obama -- Ann Dunham -- juga mencintai seni batik Indonesia. Hal ini bisa dilihat banyaknya koleksi batik yang disimpan keluarga Ann Dunham. Bahkan, batik koleksi keluarga Obama itu pernah di pamerkan di Museum Kesenian Islam Malaysia (MKIM)   pada  8 Juni 2012 hingga 20 Juli 2012. .Saya sebenarnya juga mendapat undangan dari Syed Iskandar ( MKIM Curatorial Affairs) untuk menghadiri acara berlabel  “Current Exhibition: Ann Dunham’s legacy: A Collection of Indonesian Batik” itu. Sayangnya, Saya tak bisa datang karena keterbatasan isi dompet. Meski begitu, Syed Iskandar ( MKIM Curatorial Affairs) kembali mengontak saya dan berbagi informasi seputar acara pameran batik koleksi Ann Dunham, termasuk perhatian Obama kepada batik. Pendek kata, Indonesia memang sudah menjadi bagian dari hidup Barack Obama. Jadi tak aneh, bila kedatangan Obama pada masa mudik ini langsung disambut hastag #WelcomeMrObama.


Pertanyaan yang muncul kemudian: mungkinkah pada masa Lebaran ini Obama juga mau ikut makan ketupan Lebaran? Tak ada yang tahu pasti soal ini. Yang pasti, kunjungan "mudik" Obama ke Indonesia tahun ini dikabarkan akan liburan ke Bali, Yogyakarta, Jakarta, dan Bogor. Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global, Dino Patti Djalal mengatakan agenda "mudik" Obama ke Tanah Air merupakan tindak lanjut dari undangan Presiden Joko Widodo. Di sela-sela kunjungannya, Presiden ke-44 AS itu akan hadir dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 pada 1 Juli 2017.

Ketika pesawat jet carter Gulfstream N50JE yang ditumpangi Presiden Amerika Serikat ke-44   mendarat di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pukul 18.52 Wita, Jumat (23/6/2017), netizen ada yang memotret dan mengunggahnya ke media sosial. Seperti ini salah satu contohnya:



Kedatangan Barack Obama tersebut mendapat sambutan dari Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak, Kepala Polresta Denpasar Komisaris Besar Hadi Purnomo, dan Komandan Pangkalan Udara Ngurah Rai Kolonel Penerbang Wayan Superman. Dalam kunjungan ini Obama didampingi sang istri, Michelle Obama, serta kedua anaknya yang belum pernah berkunjung ke Indonesia, Malia dan Natasha.

Dari bandara, mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu kemudian langsung menuju Ubud, di Kabupaten Gianyar, tempat mereka menginap. Komandan Korem 163/Wira Satya Kolonel Arh Gede Widiana mengatakan, Barack Obama dan keluarga menginap di Hotel Four Season di Desa Sayan, Ubud. Perjalanan ke Ubud dapat ditempuh sekitar satu jam 15 menit atau sekitar 40 kilometer dari bandara.

Semoga saja, saat bertemu Obama nanti, Presiden Jokowi tidak lupa mengajaknya untuk makan ketupat lebaran. Sebab, lezatnya ketupat Lebaran di Indonesia tidak hanya terlukis di lidah saja, tapi juga menciptakan keindahan di dalam batin, terutama menyangkut keberagaman dan kebersamaan. Andai saja Obama tahu tentang indahnya kelezatan ketupat keberagaman Indonesia, mungkin saja juga mau bercerita kepada orang lain di Amerka sana bahwa keindahan Indonesia jangan pernah diganggu tapi harus dicintai. Sebab, Indonesia itu bukan saja tempat mdik bagi Obama, tapi juga menjadi bagian dari syurganya di didunia. Bukan begitu? (@SutBudiharto)

Previous Post Next Post